Design Stand Pameran

Design Stand Pameran – Banyak orang yang memanfaatkan pameran sebagai salah satu bentuk wadah untuk menampilkan karya. Entah itu bentuknya karya seni, barang produksi, atau yang lainnya.

Dari setiap produk yang ditampilkan setidaknya bisa mengkomunikasikan, apa yang diinginkan pemiliknya. Sehingga akhirnya, bisa diapresiasi oleh masyarakat dengan lebih mudah.

Tidak saja bersifat komersial, sekolah yang digunakan sebagai sarana belajar mengajar, juga bisa menggelar pameran. Di mana para murid, bisa menampilkan hasil karyanya, dengan berbagai maksud dan tujuan.

Bahkan jika pameran diselenggarakan secara rutin di sekolah, memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya adalah untuk melatih kemandirian, bertanggung jawab, hingga mampu membangkitkan motivasi.

Menyelenggarakan sebuah pameran membutuhkan banyak sekali pertimbangan. Mulai dari lokasi, target market, acara, dan lain sebagainya. Pameran yang baik juga seharusnya mampu menyajikan setiap produk yang ingin ditampilkan agar pengunjung pameran bisa lebih mudah melihat dan mengenalnya.

Untuk itu, produk-produk atau karya yang ingin ditampilkan pada sebuah pameran haruslah diletakkan di sebuah booth atau stand pameran agar lebih menarik. Ini juga yang membuat mengapa Design Stand Pameran harus dipikirkan sebaik mungkin.

Pembuatan stand pameran biasanya dibuat secara khusus oleh kontraktor pameran. Anda cukup menyampaikan keinginan bagaimana desain yang paling diinginkan. Termasuk ukuran, material, atau lainnya.

Untuk mempermudah bagaimana sebaiknya Anda memutuskan desain stand pameran, berikut ini adalah beberapa jenis tampilannya.

Stand 2D

Bentuk yang paling minimalis untuk design stand pameran adalah berbentuk 2D atau dua dimensi. Di sini, stand hanya berupa banner atau backdrop dan tidak ada menggunakan ruang khusus. Banner yang digunakan bisa berupa spanduk luar, standing x banner, roll up banner, dan masih banyak lagi.

Stand 3D

Design stand pameran yang kedua adalah berbentuk tiga dimensi atau 3D. Bentuk ini adalah yang paling banyak digunakan di setiap acara pameran. Untuk membentuknya, maka kontraktor pameran akan menghitung, panjang, lebar dan tinggi untuk mendapatkan sebuah bentuk ruang.

Sebagai pelengkap, stand 3D biasanya akan menggunakan meja counter, backdrop, hingga penutup lantai atau karpet dengan ukuran tertentu.

Stage Booth

Berikut ini adalah design stand pameran yang ketiga, yaitu stage booth yang dilengkapi dengan panggung. Ketinggian stage atau panggungnya sendiri bisa beberapa level dari lantai, setidaknya dua tingkat anak tangga saja bisa digunakan.

Ukuran panggung atau level yang digunakan juga beragam, bisa berukuran mini maupun besar tergantung kebutuhan. Level atau panggung biasanya bisa berfungsi sebagai tempat aktivitas promosi ataupun hiburan, dengan tujuan menarik konsumen untuk mendekat.

Sebagai pelengkap, stage booth juga bisa dilengkapi dengan berbagai komponen, seperti tenda penutup, wing, atau backdrop.

Itu dia tiga jenis design stand pameran yang biasanya digunakan. Sementara bentuknya juga dibagi menjadi empat macam, yaitu:

  • In-line booth
  • Peninsula booth
  • Corner booth
  • Island booth

Untuk In-line booth, biasanya stand akan dibatasi oleh tiga buah partisi yang diletakkan di bagian kanan, kiri atau belakang ruang, dengan satu sisi yang terbuka. Jika Anda mendapati stand dengan tiga sisi yang terbuka, maka itu adalah bentuk peninsula booth.

Berikutnya corner booth. Stand yang biasanya diletakkan di pojok atau sudut ini, dibatasi dengan dua buah sisi yang terbuka. Kemudian untuk model stand island, perbedaannya terletak pada partisi yang terletak di bagian tengah ruang. Stand island juga memiliki ciri khas lain, yaitu empat sisi yang terbuka.  

Saat ini, jenis stand bongkar pasang atau knockdown adalah desain yang terbaik. Karena stand bisa digunakan berulang kali dan bisa disimpan setelah digunakan. Ada pun material yang biasanya digunakan ada beberapa, yaitu kayu triplek, bahan HPL, atau material lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Selain membuat secara khusus, stand juga bisa disewa. Jika sekiranya Anda tidak membutuhkan stand untuk jangka waktu yang panjang, maka menyewa bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sebaliknya, bila Anda akan menyelenggarakan pameran berulang kali, maka membeli atau memesan adalah pilihan yang terbaik dan tentu saja lebih hemat.

Nah, itu dia penjelasan yang cukup singkat dan padat mengenai design stand pameran. Berikutnya tinggal Anda tentukan kontraktor pameran mana yang akan membantu untuk menyelesaikan pembuatan stand tersebut. Pastikan Anda hanya mendapatkan kontraktor terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
Open chat